Tuesday, April 10, 2018

GUGURNYA KAPTEN JAPA 11 April 1946




Peristiwa ini dikenal dengan Serangan Umum Kota Denpasar.
8 April 1946 para pejuang republik rapat di tengah sawah di Banjar Pagutan, Padangsambian, Denpasar. Dipimpin oleh Kapten Sugianyar, diikuti Letkol Hera Uchi (eks tentara Jepang), Letnan Ida Bagus Japa, Made Wijakusuma, Made Regog, Wayan Likes, I Gst Kompyang Regig, dll. Rapat memutuskan akan menyerang tangsi militer Belanda di Denpasar, tgl 11 April 1946, jam 02.00
Sasaran serangan adalah Tangsi Kayumas yang merupakan pusat tentara NICA / Belanda, Tangsi Satriya, dan lapangan terbang Tuban.
Penyerangan Tangsi Satria dari timur dipimpin Letnan Diasa dengan 200 personil. Dari utara oleh I Gsti Ngurah Pinda dengan pasukan 200 orang. Para pejuang bersiaga di depan kantor Gieb Tainsiat. Sesuai rencana, pukul 02.00 dini hari serangan dilancarkan. Serangan ini menewaskan 35 tentara NICA dan puluhan lainnya luka - luka, terbirit lari ke arah selatan menuju Bali Hotel.
Lapangan udara Tuban (sekarang: Bandara Ngurah Rai) juga diserang oleh pasukan pejuang dipimpin I Gede Durna, Made Putra, bersama pejuang dari Kuta dan Kedonganan.

Tangsi Kayumas (sekarang: tanah kosong tempat pameran) markas pusat tentara NICA, diserang dari arah utara dipimpin Letnan Sarja Udaya dibantu Letnan Oka Erlangga, sersan Sueca Atmanadi, dan ratusan pasukan. Dari arah barat dipimpin oleh I Wayan Likes, Kerti, Durna, Receh, Rames, Arka, berkekuatan ratusan pasukan. Dari Timur dipimpin oleh Letnan Ida Bagus Japa dibantu Letnan Kusuma Yuda, Sersan Tiaga, Ida Bagus Banjar, dengan kekuatan terbesar yakni 800 personil. Serangan ini membuat kocar kacir dan menewaskan sekitar 45 tentara NICA, dan sekitar 125 luka. Sedangkan di pihak pejuang Republik gugur 7 orang termasuk Letnan Ida Bagus Japa yang bertempur sangat gagah berani.
Jenasah Letna Ida Bagus Japa segera dibawa ke griya yang tidak jauh dari lokasi pertempuran yakni di Banjar Bengkel. Beliau gugur sebagai Pahlawan Kusuma Bangsa.

Ida Bagus Japa adalah kakak kandung dari Prof. Ida Bagus Mantra, mantan Gubernur Bali.
Nama beliau diabadikan sebagai nama jalan yakni Jalan Kapten Japa yang melintasi sebelah timur bekas Tangsi Kayumas (tempat beliau gugur) ke selatan melintasi Desa Yangbatu. Sedangkan patung beliau berdiri gagah di Bundaran Renon. Namanya juga diabadikan sebagai nama lapangan yakni Lapangan Kapten Japa yang menjadi titik awal dari Jalan Bay Pass Prof. Ida Bagus Mantra.

Sayang, di dua tempat ini tidak ada tugu peringatan bahwa di sini pernah terjadi pertempuran heroik melawan penjajah. Bangsa yang besar adalah bangsa yang tak melupakan jasa para pahlawannya. “Jas Merah” Jangan sekali kali melupakan sejarah.
Kurang lebih, ampura.
#NKRI #SeranganUmumKotaDenpasar #KaptenJapa #JapaMantra #JasMerah
kanduksupatra.blogspot.com

2 comments:

  1. Dalam rangka memeriahkan perayaan IDUL FITRI/Hari Lebaran 1440 Hijriyah, BOLAVITA turut merayakannya dalam bentu berbagai BONUS SPECIAL yaitu Ketupat Lebaran untuk para member setia.

    Ketupat Lebaran yang dimaksud adalah dalam bentuk FREECHIP senilai Rp 25.000 untuk yang bermain di situs POKER ONLINE kami yaitu POKERVITA. .

    Syarat dan ketentuan:
    • Berlaku untuk seluruh member BOLAVITA
    • Minimal melakukan Deposit Rp 500.000,-
    • Setiap melakukan Deposit minimal Rp 500.000 akan mendapatkan BONUS 1 Ketupat
    • Nilai 1 Ketupat adalah Rp 25.000 FREECHIP di POKERVITA
    • Berlaku kelipatan Deposit, contoh: Deposit Rp 500.000 akan mendapatkan 1 Ketupat, jika Deposit Rp 1.000.000 maka akan mendapatkan 2 Ketupat dan seterusnya
    • Maksimal Bonus 4 Ketupat PERHARI
    • Bonus akan diberikan setelah melakukan TURNOVER 1x dari nilai Deposit awal
    • Setelah melewati batas TURNOVER, otomatis BONUS akan masuk ke akun POKERVITA atau dapat di claim ke Customer Service
    • Batas Claim Bonus hanya berlaku selama promo ini berlangsung
    • Dilarang terdapat kesamaan data registrasi member ataupun IP • BOLAVITA berhak mengubah ataupun membatalkan promo apabila terdapat indikasi kecurangan
    • Promo ini berlaku tanggal 4 dan 5 Juni 2019

    Lebaran 2019 1440 Hijriyah tepatnya jatuh pada tanggal 5 Juni 2019 hari Rabu. Di indonesia, dalam menyambut hari besar Agama Islam ini diadakan cuti bersama dari tanggal 3 - 7 Juni 2019. Maka oleh sebab itu untuk Anda yang ingin mendapatkan uang tambahan ataupun mengisi waktu luang, disini BOLAVITA mengadakan EVENT PROMO khusus Lebaran ini. .

    Daftar dan gabung sekarang di www.bolavita.ltd untuk dapatkan bonus Ketupat!!

    Baca juga =
    1. Daftar Sabung Ayam Cara S128 di BOLAVITA
    2. Promo Promo BOLAVITA

    Untuk info selanjutnya, bisa hubungi kami VIA:
    BBM : BOLAVITA / D8C363CA
    Whatsapp : +62812-2222-995
    Livechat 24 Jam

    ReplyDelete
  2. bagus sekali ya min artikel ini , saya sangat terbantu oleh artikel yang bagus ini dan menambah wawasan saya , saya berharap anda bisa terus berkarya untuk anak banga , dan pastinya saya mendoakan yang terbaik untuk anda sukses selalu dan sehat selalu
    bandarq terpercaya
    agen domino teraman dan terpercaya
    jika ada salah saya dalam pengetikan saye meminta maaf,salam hormat terdalam saya, terima kasih

    ReplyDelete