Monday, April 17, 2017

Sanghyang ASWANA dan Sanghyang ASWINI Si Dewa Kembar




Aswan dan Aswin adalah dewa kembar putra dari Batara Sumeru dengan Dewi Kurani. Berarti masih keturunan Sanghyang Taya, adik Sanghyang Wenang. Batara Aswan dan Batara Aswin mengemban tugas menjaga keselamatan umat di bumi dengan keahliannya masing-masing. Batara Aswan adalah dewa yang khusus memerangi segala macam penyakit yang berkembang di bumi, sedang Batara Aswin adalah dewa yang menguasai ramalan segala sesuatu yang terjadi di dunia.
Batara Aswan dan Batara Aswin memiki sifat dan perwatakan, sabar, teliti, cerdas, setia dan patuh terhadap perintah. Atas perintah Sanghyang Manikmaya (Batara Guru), Batara Aswan dan Batara Aswin turun mercapada (bumi) dengan perantaraan rahim Dewi Madri, putri Prabu Madrapati dengan Dewi Tejawati dari Negara Mandaraka. Dewi Madri adalah istri Prabu Pandudewanata (Sang Pandu) raja negara Astina. Batara Aswan sebagai Pinten (Nakula), sedangkan Batara Aswin menjelma sebagai Tansen (Sahadewa). Keduanya merupakan satria kembar Panca Pandawa. kanduksupatra.blogspot.com
Dewa Aswan dan Aswin dikenal juga sebagai Dewa Dukun karena ahli dalam obat-obatan dan menyembuhkan berbagai penyakit. Mereka pernah menyembuhkan seorang penggembala bernama Utamanyu dari kebutaan yang dideritanya sejak lahir. Mereka juga pernah menghadiahkan umur panjang dan kembali muda kepada Maharsi Cyawana, setelah menguji kesetiaan istri pertapa tersebut yang benama Dewi Sukanya.
Nama kedua dewa ini di Nusantara Indonesia semakin populer. Kalau di Indonesiakan menjadi Sanghyang Aswana dan Sanghyang Aswini. 
#Kelir #WayangPurwa #AswanAswin #AswanaAswini #DewaKembar #KiBuyutDalu
kanduksupatra.blogspot.com

No comments:

Post a Comment