Thursday, June 15, 2017

SOSOK KERA PUTIH dan DEWA BERKEPALA GAJAH, Aku Juga Menyembah Patung, Batu, Pohon, ……


Aku menyembah di hadapan sosok Patung Kera Putih. Budi pekertiku menyebutnya Dewa Anoman / Bayusuta / Maruti, perwujudan Sanghyang Bayu, manifestasi Batara Guru sebagai Sanghyang Tunggal. Dia mengajarkanku tentang keteguhan hati, kesetiaan, serta Budi pekerti luhur.
Aku menyembah di hadapan patung manusia berkepala gajah. Budi Pekertiku menyebutnya Sanghyang Ganapati / Dewa Ganesa, perwujudan Batara Guru, manifestasi Sanghyang Tunggal. Dia mengajarkanku nilai - nilai persaudaraan, kepahlawanan, serta filosofi kehidupan, menuju keluhuran budi.
Aku menyembah di hadapan sosok berkepala empat bertangan banyak. Budi pekertiku menyebutnya Sanghyang Catur Muka, perwujudan Dewa Brahma, manifestasi Sanghyang Tunggal. Dia pencipta alam semesta. Dari dia aku berasal.
Aku menyembah di hadapan sosok berkepala dan bertangan seribu. Budi pekertiku menyebutnya Sanghyang Wisnu Murti, manisfestasi Sanghyang Tunggal. Dia pemelihara dan pelindung alam semesta. Dia pelindungku.
Aku menyembah di hadapan sosok berdebu, rambut diprucut, beralaskan kulit harimau, bekalung ular. Budi pekertiku menyebutnya Sanghyang Maha Pralina, perwujudan Siwa Mahadewa, manifestasi Sanghyang Tunggal. Kepadanyalah seluruh alam semesta akan kembali. Kepadanya aku akan pergi nanti. kanduksupatra.blogspot.com
Aku menyembah di hadapan sosok ilahi dengan berbagai “rupa” dan “swarupa”. Budi pekertiku menyatakan Dia para dewa pujaan, perwujudan Batara Guru, manifestasi Sanghyang Tunggal. Kepada rupa dan swarupa itulah aku menyembah, memuja, dan memohon .
Aku menyembah di hadapan patung berwujud seram dan menakutkan. Budi pekertiku menyebutnya Sanghyang Kala / kekuatan Dewata / Sakti / Ratu Ayu / Ratu Gede. Perwujudan “Kekuatan Dewa” dalam fungsi sebagai pelindung dan pengayom umat manusia dan alam semesta. Semua itu manifestasi kekuatan Sanghyang Tunggal di alam semesta.
Aku menyembah di hadapan pohon bersarung kotak kotak / “saput poleng”. Budi pekertiku menyebut “Tenget” / angker. Budi pekertiku meyakini bahwa kekuatan Sanghyang Kala / Sakti hadir di sana dalam berbagai wujud, disertai para “ancangan” (pengawal) berwujud “niskala” (tak nyata). Di sana pula aku memuja kekuatan ilahi sebagai perwujudan Sanghyang Embang / Sanghyang Tunggal.
Aku menyembah di hadapan batu “berselimut” kain. Budi pekertiku menyebutnya sebagai Pralingga / stana Para Hyang / Batara / Dewa. Di sini aku memuja dan memohon berkah Para Hyang sebagai perwujudan Sanghyang Tunggal.
Jadi…. dimana aku memuja, berwujud apa yang aku puja, semuanya akan bermuara kepada yang satu, Sanghyang Tunggal / Sanghyang Maha Esa / Tuhan Yang Maha Esa.
Patung, kayu, kain, pohon, gundukan tanah, saput poleng, batu, semuanya benda tak bergerak alias benda mati. Iutlah sebabnya temanku memandangnya dengan sebelah mata. Mereka mungkin berpikir “apa yang bisa diharap dari menyembah benda-benda mati itu?. Benda itu tak bisa memberi makanan, tak bisa memberi kekayaan, tak bisa mengabulkan permohonan, tak bisa menghantarkan ke surga, dll”. kanduksupatra.blogspot.com
Mendengar itu, aku pun memakluminya. Karena mereka masih jauh dari kesejatian ini.
Benda - benda itu memang tak bisa bicara, tetapi kerapkali ia membisiki telinga dan hati nuraniku untuk mengendalikan egoku dan selalu berbudi pekerti.
Benda - benda itu memang tak bertenaga, tetapi ia dapat menggetarkan jiwaku tatkala bersujud di hadapannya.
Benda itu tak memiliki hati dan perasaan, tetapi aku merasakan kehadiran kekuatan dewata sakti dalam benda itu.
Benda - benda itu tak bisa mendengar, tetapi budi pekertiku meyakini bahwa doaku selalu disampaikan olehnya kepada Hyang Maha Tunggal.
Benda itu tak bisa memberikan makanan dan kekayaan, tetapi berkah selalu kudapat dari Hyang Kuasa dengan memanjatkan doa - doa pujian dan permohonan di hadapan benda - benda mati itu. kanduksupatra.blogspot.com
Benda itu tak dapat menghantarkan ke surga, tetapi kekuatan spirit dari benda itu menuntun nuraniku untuk berbudi pekerti, yang suatu saat nanti budi pekerti ini menghantarku ke surga atau tempat yang lebih jauh dari surga.
Benda – benda itu diam seribu basa, tak pernah menyusahkan orang, tak pernah mengejek teman, tak pernah menghina orang, tak pernah curang, tak pernah ingkar, tak pernah mencuri, dll. Ia kukuh dalam janjinya kepada alam. Ia kuat dalam kodratnya. Ia setia akan kedudukannya. Pendek kata ……. di balik diam dan bisunya benda benda itu, terdapat kekuatan yang dapat menghidupkan insan - insan duniawi, membangkitkan jiwa - jiwa yang terpuruk menuju jati diri dan budi pekerti. kanduksupatra.blogspot.com
Aku jadi malu ketika menproklamirkan diri sebagai manusia yang konon kelebihannya memiliki kecerdasan pikiran yang disebut “idep” dengan tri premananya yakni “bayu sabda idep”. Namun yang aku rasakan malah manusia selalu membuat masalah di dunia dengan segala kepentingan dan keakuannya. Aku merasa diriku bukan memiliki “bayu sabda idep”, tetapi “bayu sabda ego”. Itulah aku. Sehingga aku harus belajar dari benda - benda diam itu untuk mengikis egoku untuk menuju yang namanya “idep”… Nurani Sejati.
Itulah aku si penyembah benda - benda mati, penyembah segala rupa dan swarupa Hyang Maha Tunggal. Terserah teman - teman tetangga mau menyebut apa.Inilah kesejatian leluhur nusantara sejak lampau, tak semua orang paham dan tak semua mau memahami. Ampura.
#BudiPekertiNusantara #DewaAnoman #DewaGanesa #DewaTriMurti #SanghyangTunggal
kanduksupatra.blogspot.com
#AkuPribadiNusantara

1 comment:

  1. Halo semuanya
    Saya ingin menggunakan media ini untuk membuat Anda semua tahu bahwa mendapatkan pinjaman tidak sesulit dan sesulit yang Anda kira

    Saya Rina Mariana penduduk asli bandung. Indonesia
    Saya mendapat pinjaman dari  ONE BILLION RISING FUND dan proses aplikasi saya mudah, lancar dan mudah dimengerti dan saya telah diberkati sejak saya baru menjadi firma pinjaman dan hidup saya tidak lagi menjadi bahan tertawaan bagi orang-orang, tetapi mereka datang kepada saya sekarang untuk meminta nasihat dan bagaimana membantu mereka secara finansial dan sejauh ini saya telah memperkenalkan cukup banyak orang kepada perusahaan pinjaman dan mereka juga mendapatkan pinjaman dari   ONE BILLION RISING FUND

    Saya akan menyarankan bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman dan Anda ingin mendapatkan bantuan karena kami telah mendapatkan bantuan dari  ONE BILLION RISING FUND   kemudian hubungi perusahaan pinjaman melalui gmail di bawah ini dan dapatkan transformasi dalam hidup Anda secara finansial seperti yang kami lakukan
    Mereka yakin, aman, andal, dan terbuka untuk pelanggan
    Mengapa saya menyukai mereka adalah Anda sangat bebas untuk bertanya tentang pinjaman Anda dan layanan mereka 24/7

                                              KONTAK PERUSAHAAN

     Nama Perusahaan ::::::ONE BILLION RISING FUND
    Gmail: onebillionrisingfund@gmail.com

                                 Hubungi saya
    Rina Marian
    rinamariana874@gmail.com

    ReplyDelete