Sunday, January 31, 2016

Dewa-dewa Gama Bali / Hindu Bali / Agama Tirtha




 Dengan melihat sejarah perkembangan Hindu di Bali yang merupakan persenyawaan dari sekian banyak sampradaya serta berkolaborasi dengan  seni, adat, budaya, dan kepercayaan pra Hindu,maka melahirkan agama Hindu yang sangat karakteristik sehingga sebagian kalangan menyebutnya dengan “Agama Bali” atau lebih bijak kalau menyebutnya dengan “Agama Hindu Bali”. Karakteristik dari nama dewa-dewa yang dipuja dalam keyakinan Hindu Bali, disesuaikan dengan bahasa Bali. Walaupun ada beberapa sebutan dewa-dewa terdapat dalam Weda.
Nama-nama khas “Dewa Hindu Bali” seperti Betara Dalem, Betara Puseh, Betara Melanting, Betara Dalem, Sanghyang Sapuh Jagat, Betari Danu, Betara Rambut Sedana, Betara Ratu Niang Sakti, Ratu Betara Dalem Ped, Ratu Betara Pemayun Sakti, Betara Pengulun Carik, Ida Betara Ratu Gede, Ida Betara Ratu Ayu, Ida Betara Ratu Mas, Ida Betara Ratu Pande, Ida Betara Ratu Pasek, Ida Betara Kawitan, Ida Betara Pusering Jagat, Ida Betara Bukit, Ida Betara Danu, Ida Betara Putranjaya, Ida Betara Luhuring Akasa, Ida Betara Nini, Ida Betara Ratu Gede Penyarikan, Ida Betara Ratu Sedahan,Betara Maspahit, dan masih banyak lagi. Belum lagi sebutan bagi para pengawal atau ancangan Ida Betara. Demikian juga untuk penyebutan nama Tuhan yang tunggal dengan sebutan Ida Sanghyang Widhi, Ida Sanghyang Parama Kawi, Ida Sanghyang Embang, Ida Sanghyang Titah, Ida Sanghyang Tuduh, Ida Sanghyang Pramesti Guru, Ida Sanghyang Sangkan Paraning Dumadi, dan banyak lagi. Sehingga menyebabkan Agama Hindu Bali memiliki karakteristik yang terkesan jauh dari akar filosofinya yakni Weda.   
Salah satu yang akan disajikan berikut ini adalah  sebutan dari Ida Betara Dalem dalam sastra Gong Besi. Dimana lontar ini kalau dikaji adalah beraliran  Siwaistik, khususnya dari mazab Siwa Sidantha. Sastra agama Hindu di Bali sangat banyak diungkapkan mengenai ajaran Siwa. Secara sederhana dikatakan, Pura Dalem adalah linggih dari Ida Betara Dalem sebagai dewa paling utama. Salah satu sastra agama yang menyebutkan hal demikian adalah  Lontar Tutur Gong Besi.
Gong Besi termasuk kelompok naskah yang memuat ajaran yang Siwaistik. Di dalam naskah ini, disebutkan bahwa Bhatara Dalem patut dipuja dengan sepenuh hati, penuh rasa tulus iklas. Dalam setiap pemujaan, Ida Bhatara Dalem dapat dihadirkan (utpeti puja), distanakan (stiti puja), dan dikembalikan (pralina puja). Persembahan bhakti yang utama kehadapan Ida Bhatara Dalem menyebabkan orang mendapatkan kemuliaan lahir dan batin, dan pada akhirnya akan mencapai sunya loka atau siwa loka.
Dalam hubungannya dengan sembah bhakti kehadapan beliau, sebaiknya diketahui nama atau julukan beliau. Karena kemahakuasaan beliau sebagai pencipta, pemelihara dan pelebur, beliau disebut dengan banyak nama, sesuai dengan fungsi dan tempat beliau berstana.
Ketika beliau [Ida Bhatara Dalem] berstana di Pura Puseh, maka Sanghyang Triyodasa Sakti nama beliau. Ketika berstana di Pura Desa maka Sanghyang Tri Upasedhana sebutan beliau. Di Pura Bale agung, beliau dipuja sebagai sebutan Sanghyang Bhagawati. Di perempatan jalan raya beliau dipuja sebagai Sanghyang Catur Bhuwana. Ketika beliau berstana di pertigaan jalan raya, disebut dengan Sanghyang Sapuh Jagat.
Ida Bhatara Dalem ketika berstana di kuburan atau setra agung beliau dipuja dengan nama Bethara Durgha. Ketika kemudian beliau berstana di tunon atau pemuwunan (tempat pembakaran mayat), maka beliau dipuja sebagai Sanghyang Bherawi. Ketika beliau dipuja di Pura Pengulun Setra, maka beliau dinamakan Sanghyang Mrajapati.
Di laut, Ida Bhatara Dalem dipuja dengan sebutan Sanghyang Mutering Bhuwana. Pergi dari laut kemudian menuju langit, beliau dipuja dengan sebutan Sanghyang Taskarapati. Taskara adalah surya atau matahari, sedangkan pati adalah wulan atau bulan. Kemudian ketika beliau berstana di Gunung Agung dinamakan beliau Sanghyang Giri Putri. Giri adalah gunung, putri adalah putra atau anak, yakni putra dari Bhatara Guru yang berstana di Sanggar Penataran, Panti, Parahyangan semuanya, dan berkuasa pada seluruh parahyangan. Pergi dari Gunung Agung kemudian berstana beliau di Gunung Lebah, maka sebutan beliau adalah Dewi Danu. Ketika beliau berstana di Pancaka Tirtha atau pancuran air, maka beliau bernama Sanghyang Gayatri. Dari pancuran, kemudian menuju ke jurang atau aliran sungai, maka beliau kemudian dipuja dengan sebutan Betari Gangga.
Bhatara Dalem ketika berstana di sawah sebagai pengayom para petani dan semua yang ada di sawah, maka beliau dipuja dengan sebutan sebagai Dewi Uma. Di jineng atau lumbung padi beliau dipuja dengan sebutan Betari Sri. Kemudian di dalam bejana atau tempat beras (pulu), Ida Bhatara Dalem dipuja dengan nama Sanghyang Tri Suci. Kemudian beliau dipuja pula di dapur dengan nama Sanghyang Pawitra Saraswati. Di dalam periuk tempat nasi atau makanan, maka beliau disebut dengan Sanghyang Tri Merta.
Kemudian di Sanggar Kemimitan, Ida Bhatara Dalem dipuja sebagai Sanghyang Aku Catur Bhoga. Aku berwujud laki, perempuan, dan banci. Menjadilah Aku manusia seorang, bernama Aku Sanghyang Tuduh atau Sanghyang Tunggal, di Sanggar perhyangan stana beliau. Disebut pula beliau dengan Sanghyang Atma. Pada Kemulan Kanan adalah ayah  yakni Sang Pratma (Paratma). Pada Kemulan Kiri adalah Ibu, Sang Siwatma. Pada Kemulan tengah adalah dirinya atau raganya yakni roh suci yang menjadi ibu dan ayah, nantinya kembali pulang ke Dalem menjadi Sanghyang Tunggal.
Ida Bhatara Dalem adalah Sanghyang Paramawisesa, karena semua rasa baik rasa sakit, rasa sehat, rasa lapar, dan sebagainya adalah beliau sumbernya. Beliau adalah asal dari kehidupan, beliau memelihara alam semesta ini, dan beliau adalah sebagai penguasa kematian. Dalam air, cahaya, udara dan akasa, tidak ada yang dapat melebihi beliau. Sehingga beliau disebut dengan Sanghyang Pamutering Jagat.
Itulah sebutan Ida Bhatara Dalem dalam Tutur Gong Besi. Ida Bhatara Dalem adalah Bhatara Guru atau Dewa Siwa itu sendiri. Bhatara Dalem adalah sebagai sebutan Ida Sanghyang Widhi dengan segala manifestasi beliau. Dengan segala kemahakuasaan yang mencakup masa lalu, masa kini, dan masa yang akan datang. Sebagai pemuja atau penyembah yang taat akan menyebut beliau dengan banyak nama sesuai dengan fungsi dan juga di mana beliau dipuja. Demikian disebutkan dalam Tutur Gong Besi. (Ki Buyut Dalu/Kanduk)

No comments:

Post a Comment