Dengan melihat sejarah perkembangan Hindu di Bali
yang merupakan persenyawaan dari sekian banyak sampradaya serta berkolaborasi
dengan seni, adat, budaya, dan
kepercayaan pra Hindu,maka melahirkan agama Hindu yang sangat karakteristik
sehingga sebagian kalangan menyebutnya dengan “Agama Bali” atau lebih bijak
kalau menyebutnya dengan “Agama Hindu Bali”. Karakteristik dari nama
dewa-dewa yang dipuja dalam keyakinan Hindu Bali, disesuaikan dengan bahasa
Bali. Walaupun ada beberapa sebutan dewa-dewa terdapat dalam Weda.
Nama-nama
khas “Dewa Hindu Bali” seperti Betara
Dalem, Betara Puseh, Betara Melanting,
Betara Dalem, Sanghyang Sapuh Jagat, Betari Danu, Betara Rambut Sedana, Betara
Ratu Niang Sakti, Ratu Betara Dalem Ped, Ratu Betara Pemayun Sakti, Betara
Pengulun Carik, Ida Betara Ratu Gede, Ida Betara Ratu Ayu, Ida Betara Ratu Mas,
Ida Betara Ratu Pande, Ida Betara Ratu Pasek, Ida Betara Kawitan, Ida Betara Pusering Jagat, Ida Betara Bukit,
Ida Betara Danu, Ida Betara Putranjaya, Ida Betara Luhuring Akasa, Ida Betara Nini, Ida Betara Ratu Gede
Penyarikan, Ida Betara Ratu Sedahan,Betara Maspahit, dan masih banyak lagi.
Belum lagi sebutan bagi para pengawal atau ancangan Ida Betara. Demikian juga
untuk penyebutan nama Tuhan yang tunggal dengan sebutan Ida Sanghyang Widhi, Ida Sanghyang Parama Kawi, Ida Sanghyang Embang,
Ida Sanghyang Titah, Ida Sanghyang Tuduh, Ida Sanghyang Pramesti Guru, Ida
Sanghyang Sangkan Paraning Dumadi, dan banyak lagi. Sehingga menyebabkan
Agama Hindu Bali memiliki karakteristik yang terkesan jauh dari akar
filosofinya yakni Weda.
Salah
satu yang akan disajikan berikut ini adalah
sebutan dari Ida Betara Dalem dalam sastra Gong Besi. Dimana lontar ini
kalau dikaji adalah beraliran Siwaistik,
khususnya dari mazab Siwa Sidantha. Sastra agama Hindu di Bali sangat banyak
diungkapkan mengenai ajaran Siwa. Secara sederhana dikatakan, Pura Dalem adalah
linggih dari Ida Betara Dalem sebagai dewa paling utama. Salah satu sastra
agama yang menyebutkan hal demikian adalah
Lontar Tutur Gong Besi.
Gong Besi termasuk
kelompok naskah yang memuat ajaran yang Siwaistik. Di dalam naskah ini,
disebutkan bahwa Bhatara Dalem patut dipuja dengan sepenuh hati, penuh rasa
tulus iklas. Dalam setiap pemujaan, Ida Bhatara Dalem dapat dihadirkan (utpeti
puja), distanakan (stiti puja), dan dikembalikan (pralina puja).
Persembahan bhakti yang utama kehadapan Ida Bhatara Dalem menyebabkan orang
mendapatkan kemuliaan lahir dan batin, dan pada akhirnya akan mencapai sunya
loka atau siwa loka.
Dalam
hubungannya dengan sembah bhakti kehadapan beliau, sebaiknya diketahui nama
atau julukan beliau. Karena kemahakuasaan beliau sebagai pencipta, pemelihara
dan pelebur, beliau disebut dengan banyak nama, sesuai dengan fungsi dan tempat
beliau berstana.
Ketika
beliau [Ida Bhatara Dalem] berstana di Pura Puseh, maka Sanghyang Triyodasa
Sakti nama beliau. Ketika berstana di Pura Desa maka Sanghyang Tri
Upasedhana sebutan beliau. Di Pura Bale agung, beliau dipuja sebagai
sebutan Sanghyang Bhagawati. Di perempatan jalan raya beliau dipuja
sebagai Sanghyang Catur Bhuwana. Ketika beliau berstana di pertigaan
jalan raya, disebut dengan Sanghyang Sapuh Jagat.
Ida
Bhatara Dalem ketika berstana di kuburan atau setra agung beliau dipuja dengan
nama Bethara Durgha. Ketika kemudian beliau berstana di tunon
atau pemuwunan (tempat pembakaran mayat), maka beliau dipuja sebagai Sanghyang
Bherawi. Ketika beliau dipuja di Pura Pengulun Setra, maka beliau dinamakan
Sanghyang Mrajapati.
Di laut,
Ida Bhatara Dalem dipuja dengan sebutan Sanghyang Mutering Bhuwana.
Pergi dari laut kemudian menuju langit, beliau dipuja dengan sebutan Sanghyang
Taskarapati. Taskara adalah surya atau matahari, sedangkan pati
adalah wulan atau bulan. Kemudian ketika beliau berstana di Gunung Agung
dinamakan beliau Sanghyang Giri Putri. Giri adalah gunung, putri adalah
putra atau anak, yakni putra dari Bhatara Guru yang berstana di Sanggar
Penataran, Panti, Parahyangan semuanya, dan berkuasa pada seluruh parahyangan.
Pergi dari Gunung Agung kemudian berstana beliau di Gunung Lebah, maka
sebutan beliau adalah Dewi Danu. Ketika beliau berstana di Pancaka
Tirtha atau pancuran air, maka beliau bernama Sanghyang Gayatri.
Dari pancuran, kemudian menuju ke jurang atau aliran sungai, maka beliau
kemudian dipuja dengan sebutan Betari Gangga.
Bhatara
Dalem ketika berstana di sawah sebagai pengayom para petani dan semua yang ada
di sawah, maka beliau dipuja dengan sebutan sebagai Dewi Uma. Di jineng
atau lumbung padi beliau dipuja dengan sebutan Betari Sri. Kemudian di
dalam bejana atau tempat beras (pulu), Ida Bhatara Dalem dipuja dengan
nama Sanghyang Tri Suci. Kemudian beliau dipuja pula di dapur dengan
nama Sanghyang Pawitra Saraswati. Di dalam periuk tempat nasi atau
makanan, maka beliau disebut dengan Sanghyang Tri Merta.
Kemudian
di Sanggar Kemimitan, Ida Bhatara Dalem dipuja sebagai Sanghyang Aku Catur
Bhoga. Aku berwujud laki, perempuan, dan banci. Menjadilah Aku manusia
seorang, bernama Aku Sanghyang Tuduh atau Sanghyang Tunggal, di
Sanggar perhyangan stana beliau. Disebut pula beliau dengan Sanghyang Atma.
Pada Kemulan Kanan adalah ayah yakni Sang
Pratma (Paratma). Pada Kemulan Kiri adalah Ibu, Sang Siwatma. Pada
Kemulan tengah adalah dirinya atau raganya yakni roh suci yang menjadi ibu dan
ayah, nantinya kembali pulang ke Dalem menjadi Sanghyang Tunggal.
Ida
Bhatara Dalem adalah Sanghyang Paramawisesa, karena semua rasa baik rasa
sakit, rasa sehat, rasa lapar, dan sebagainya adalah beliau sumbernya. Beliau
adalah asal dari kehidupan, beliau memelihara alam semesta ini, dan beliau
adalah sebagai penguasa kematian. Dalam air, cahaya, udara dan akasa, tidak ada
yang dapat melebihi beliau. Sehingga beliau disebut dengan Sanghyang
Pamutering Jagat.
Itulah
sebutan Ida Bhatara Dalem dalam Tutur Gong Besi. Ida Bhatara Dalem adalah
Bhatara Guru atau Dewa Siwa itu sendiri. Bhatara Dalem adalah sebagai sebutan
Ida Sanghyang Widhi dengan segala manifestasi beliau. Dengan segala
kemahakuasaan yang mencakup masa lalu, masa kini, dan masa yang akan datang.
Sebagai pemuja atau penyembah yang taat akan menyebut beliau dengan banyak nama
sesuai dengan fungsi dan juga di mana beliau dipuja. Demikian disebutkan dalam Tutur
Gong Besi. (Ki Buyut Dalu/Kanduk)
No comments:
Post a Comment