Sunday, January 28, 2018

Mengapa ANGGARKASIH disebut Rerainan ?


Anggarkasih adalah pertemuan antara saptawara yakni Anggara dengan pancawara yakni Kliwon. Pertemuan ini disebut dengan Anggara Kliwon, disebut juga Anggara Kasih (Anggarkasih).
Hari ini adalah hari istimewa dan sebagai hari suci yang disebut dengan Rerahinan. Karena pada hari merupakan hari untuk mengasihi angga sarira / membersihkan diri sendiri. Pada hari ini “Sang Gama Tirtha” yakni para penganut ajaran Agama Tirtha / Hindu Bali melakukan pembersihan dan penyucian diri dari segala macam mala / kekotoran lahir batin. Karena pada hari ini Ida Sanghyang Ludra meyoga meruwat alam semesta.
Pada hari ini patut melakukan yasa kerthi dengan menghaturkan canang, wewangian di sanggah / merajan menghaturkan bakti serta nunas wangsuhpada (tirtha), memohon pengasihan anggasarira, memohon pengruatan / penglukatan dan waranugraha kerahyuan kehadapan Sanghyang Ludra.
Itulah sebabnya kenapa pada hari Anggarakasih, “Sang Gama Tirtha” menghaturkan canang, banten, atau bahkan hari Anggarakasih banyak dipakai sebagai “tegak” hari odalan baik di sanggah atau di pura. Seperti Anggarakasih Perangbakat, Anggarakasih Tambir, Anggarakasih Medangsia.
Kurang lebih demikian katanya. Ampura. Edisi nasikin segara.
#AnggaraKasih #SanghyangLudra #Rerahinan #GamaBali #HinduBali #GamaTirtha #Sunarigama
kanduksupatra.blogspot.com

No comments:

Post a Comment